
, Jakarta - Telah betah duduk di tempat dengan nyamannya kursi tersebut pesawat yang tertera di boarding pass , tiba-tiba ada penumpang lain yang muncul dan menawarkan untuk menukar tempat duduknya. Kejadian semacam ini kerap dialami oleh banyak orang. penerbangan terutama selama masa-masa sibuk seperti ketika sedang berlibur.
Seorang ahli perjalanan bernama Jamie Fraser dari kemah musim panas Wild Packs American, menyajikan beberapa petunjuk tentang cara merespons permintaan tersebut secara sopan. Petunjuk-petunjuk ini disampaikannya berdasarkan kejadian umum di mana seorang wanita menolak menukar posisi duduknya dengan seorang anak yang sedang menangis. Insiden serupa bahkan telah terekam dalam video dan menjadi sorotan publik. penumpang pesawat berbeda dengan menjadi fenomenal yang berujung pada pemutusannya dari pekerjaan.
Jennifer Castro, seorang pekerja perbankan asal Brazil berumur 29 tahun, jadi sorotan dunia maya usai insiden perselisihan dalam penerbangan domestik GOL Airlines pada bulan Desember 2024. Dia kemudian menuntut maskapai serta para penumpang yang mencatat kejadian tersebut.
Mengacu pada survei oleh YouGov, terdapat kelompok orang yang enggan bergeser dari posisi mereka secara keseluruhan situasi apapun, namun hal tersebut bisa membawa dampak negatif. Oleh karena itu, Fraser merekomendasikan agar menerapkan nasihat-nasihat berikut ketika mendapatkan permintaan untuk bergerak. kursi pesawat .
Menjawab "Tidak"
Apabila terdapat permintaan untuk menukar tempat duduk, penumpang berhak menolakkannya. Fraser mengatakan bahwa penumpang tidak dipaksakan untuk berganti posisi dengan penumpang lain.
Nomor kursi sudah dicetak pada boarding pass, dan apabila telah memesan tempat duduk di samping jendela atau tengah dengan biaya tambahan, contohnya, penumpang memiliki hak untuk tetap bertahan di posisi yang dipilih tersebut.
Apabila dimintai untuk bergeser ke bangku tengah, Fraser merekomendasikan agar menyampaikan pada penumpang kalau Anda lebih senang bertahan di kursi saat ini. Bila usulan itu masih dilanjuti, Fraser sarankan supaya ulangi penolakannya secara sabar tanpa perlu alasan tambahan lagi. Pada akhirnya, setiap penumpang punya peluang yang sama bukan apa memilih dan mendapatkan tempat duduk favorit masing-masing dari awal.
Menangani Penumpang yang Suka Bandel
Apabila penumpang enggan menerima keputusan penolakan tersebut, Fraser mengajukan saran untuk mempertaharkan sikap tegas namun tetap beradaban. Dia menjelaskan, “Bila penumpang masih mencoba membujuk Anda agar beralih tempat duduk, sangat krusial bagi Anda untuk selalu bertahan pada pendirian Anda secara sopan dan jelas.” Ia juga menekankan bahwa melakukan penolakan itu sendiri adalah sesuatu yang wajar. Dengan nada percaya diri tapi santai, ungkapnya, “Anda cukup jelaskan bahwa posisi Anda di kursi ini tak akan goyah,” sebagaimana dikutip dari laporan tersebut. Daily Mail .
Apabila penumpang tersebut masih saja membandel, ajaklah pramugarinya sebab mereka telah dilatih untuk menangani keadaan serupa.
Ketika Adalah Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Kursi Anda
Fraser menyebutkan bahwa ada berbagai skenario di mana pemikiran tentang menukar tempat duduk bisa jadi relevan. Salah satu contohnya adalah saat ada anak-anak yang tidak duduk bersama dengan anggota keluarga mereka.
"Akan tetapi, keluarga perlu berdiskusi lebih dulu dengan maskapai penerbangan guna mendapatkan bantuan sebelum mengharapkan penumpang untuk berganti kursi. Walau bagaimanapun juga, Anda tidak diwajibkan untuk merubah posisi duduk tersebut," ujarnya.
Para penumpang bisa pula mengubah posisi apabila kurang senang dengan bangku mereka, terutama bila ada orang lain yang bersedia memberikan tempat duduk yang lebih nyaman. Namun demikian, kecuali dalam kasus tersebut, permohonan untuk bertukar kursi dianggap sebagai perilaku yang tak sopan selama perjalanan, jelasnya.
Fraser mengatakan bahwa ingin duduk bersebelahan dengan teman, kurang suka duduk di tengah, atau belum memesan tempat duduk bersama-sama sebelumnya bukan merupakan alasan yang cukup untuk minta orang lain bergeser.
Jangan Mengambil Kursi Penumpang Lain
Banyak penumpang mengira bahwa berpindah ke kursi milik orang lain tanpa persetujuan adalah hal yang biasa. Namun, perlu dipahami bahwa tindakan tersebut sebaiknya tidak dilakukan karena dapat menciptakan tensi di antara para penumpang dan mungkin memicu keterlambatan pada jadwal terbang.
"Staf mungkin mengharuskan Anda turun dari pesawat atau kasus Anda bisa menyebar di internet," jelas Fraser.
Bagaimana Cara yang Baik untuk Meminta Pertukaran tempat duduk?
Apabila mengajak penumpang lain untuk bertukar tempat duduk, pastikan memberikan tawaran yang setara. Hal ini dapat mencakup jenis kursi serupa di lokasi lain dalam kokpit, atau menyediakan pengembangan posisi duduk kepada mereka.
Catatan: Saya pikir ada sedikit kesalahan pada kalimat asli terkait konteks "kokpit" dan istilah "peningkatan kursi". Mungkin maksudnya adalah area lain di dalam pesawat daripada kokpit? Dan mungkin sebaiknya menggunakan frasa seperti 'upgrade' jika dimaksudkan sebagai perbaikan status tiket penumpang. Namun tetap menjaga makna umum dari teks awal sesuai permintaan Anda.
Jangan meminta orang lain bertukar tempat duduk dari jendela atau lorong ke bangku tengah di pesawat karena hal tersebut tidak sesuai dengan etika dalam berpergian.